Posted by lowongan kerja kendari on Wednesday, March 2, 2016
Apa beda SALES & MARKETING
Sebenarnya yang dimaksud
dengan marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang
ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga,
mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk
memuaskan konsumen. Sedangkan sales merupakan kegiatan yang hanya fokus
pada menjual produk, dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja.
Dari
pengertian yang ada, sudah jelas bahwa proses marketing lebih panjang
dan lebih kompleks jika dibandingkan dengan proses sales. Dalam strategi marketing, terdapat 4P bahkan ada yang menambahkan sampai 7P, yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), process (proses), people (orang), Physical evidence (bukti fisik). Sedangkan sales hanya menjadi salah satu bagian dari promotion (promosi), sehingga tidak memperhatikan faktor lain yang dapat menunjang pemasaran.
Perbedaan selanjutnya dalam strategi marketing,
para marketer atau pemasar selalu menjaga brand image product. Sehingga
konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk karena sudah mengetahui
kualitas produk dan image brand produk tersebut. Sedangkan strategi
sales adalah mereka tidak mementingkan untuk menjaga image brand produk,
namun yang terpenting mereka menawarkan kepada pasar dengan cara
menginformasikan kelebihan produk, agar konsumen tertarik dan membeli
produknya. Dan yang lebih menarik lagi adalah salesman tidak pernah
memikirkan apakah konsumen terpuaskan atau tidak, yang terpenting adalah
produknya laku terjual dan target penjualan yang ditetapkan perusahaan
terpenuhi.
Meskipun begitu, ada beberapa perusahaan yang
menjadikan sales sebagai bagian dari marketing, namun tetap membedakan
tugas kerja mereka. Jika marketing fokus pada perencanaan strategi
pemasaran produk yang sesuai dengan 4P atau 7P bagian dari marketing mix, maka sales akan mulai bekerja setelah produk sudah siap dipasarkan. Jadi bisa dibilang marketing merupakan tim yang menyusun strategi pemasarannya, sedangkan sales merupakan tim pelaksananya.
Perbedaan sales dan marketing
lainnya adalah, bahwa hubungan sales dengan customer secara formal
memang hanya sampai proses transaksi jual beli, setelah itu sales tidak
sepenuhnya bertanggungjawab lagi menjaga hubungan baik dengan customer
tsb. Sedangkan hubungan marketing dan konsumen harus tetap terjaga dari
mulai sebelum transaksi, sampai setelah transaksi setidaknya sampai masa
garansi selesai untuk menjaga loyalitas customer. Namun seorang Sales
yang baik dia akan terus memastikan kalau customernya puas khususnya
untuk pembelian produk yang memberikan garansi seperti rumah atau mobil,
sales harus menjadikan dirinya sebagai konsultan dari customernya jika
customernya menghadapi masalah dengan produk yang dibelinya. sales yang
baik akan membantu customer mendapatkan bantuan yang dibutuhkannya dan
memastikan kalau masalah customernya ditangani dengan baik dan
memuaskan.
Untuk menjadi SALES yang sukses jadilah seorang MARKETER.
Loh kok marketer lagi? Memang betul seorang sales tugasnya memasarkan
produk atau jasa yang sudah ada dan menawarkan langsung kepada target
marketnya. Biasanya semua sales tools sudah disiapkan perusahaan dari
brosur, demo produk, business card, leaflet dll seorang sales kasarnya
tinggal berperang. Namun seorang sales yang handal dia bukan hanya
menggunakan tool standar yang disediakan perusahaannya, dia juga harus
memiliki data base customer yang up to date, dia juga harus jeli
menggunakan info info yang beredar di internet untuk menjadi bahan
referensi atas keunggulan produk atau jasa yang dijualnya. Jauh sebelum
produk baru diluncurkan seorang SALES harus sudah sounding pada
customernya tujuannya agar sang customer menunda keinginan untuk membeli
produk atau jasa yang mirip sampai produk atau jasa perusahaannya masuk
ke pasar. Dia memberikan informasi informasi secara online kepada
customernya sehingga sang customer sudah punya bayangan kira kira
seperti apa produk yang akan diluncurkan tsb.
Jadi SALES harus
mampu menjadi MARKETER juga kalau ingin sukses berjualan, karena walau
secara official tugas marketing merupakan tugas departemen lain seperti
promosi dan PR namun dengan SALES juga ikut berperan aktif dalam bidang
marketing maka dapat dipastikan customernya tidak akan lari ke sales
lain karena sudah dari awal berada dalam genggamannya.