Posted by lowongan kerja kendari on Wednesday, March 2, 2016
Pengertian Tugas & Tanggung Jawab HRD - HRD (Human Resources
Development) atau dalam bahasa indonesia berarti pengembangan sumber
daya manusia, dan jika diartikan secara tata bahasa mempunyai arti
sekelompok orang atau tim yang mempunyai tugas mengembangkan sumber daya
manusia atau pekerja dalam suatu perusahaan ataupun organisasi.
Tugas HRD
Tugas dan tanggung jawab HR tergantung pada ukuran perusahaan dan jumlah
SDM yang dipekerjakan. Tugas stereotip HRD untuk merekrut karyawan,
menjaga keuntungan perusahaan sebagai prioritas. Tapi tugas utama HRD
merekrut dan polishing (mengembangkan) karyawan.
Tugas dasar HRD
- Merekrut personil untuk posisi yang sesuai dengan kemampuan mereka.
- Memberikan pelatihan dan pengembangan staf.
- Monitoring kinerja dari setiap karyawan.
- Memutuskan pemberian pengangkatan jabatan dan kompensasi.
- Distribusi Pembayaran Karyawan
- Survei Karyawan dan grading.
- Monitoring perlengkapan kesehatan dan keselamatan bagi karyawan.
- Trouble shooting dan pemecahan masalah bagi karyawan.
- Menjaga hubungan dengan setiap karyawan.
- Membentuk tim untuk proyek-proyek tertentu, dll
Persyaratan Pendidikan HRD
Gelar Sarjana dari perguruan tinggi yang mengkhususkan diri dalam sumber
daya manusia seperti hukum, psikologi. Berat Tugas dan tanggung jawab
ditentukan oleh kriteria seleksi yang bervariasi dari setiap perusahaan
dan juga tergantung pada perekrut.
Tips untuk HRD
- Jaga kondisi yang baik dengan setiap karyawan.
- Jadilah seseorang yang bisa dibutuhkan pertolongan ketika mereka
membutuhkan Anda. Dengarkan masalah mereka dan membantu mereka menemukan
solusi.
- Inovatif dan berbeda. Dengan cara ini Anda dapat mengambil perhatian maksimal dari karyawan.
- Apresiatif. Berikan pujian kepada karyawan ketika mereka melakukan pekerjaan dengan baik.